TUGAS ARTIKEL IMK

Artikel IMK

Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) atau Human Computer Interaction (HCI) adalah disiplin ilmu yang berhubungan dengan Perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia, serta studi tentang fenomena-fenomena besar yang saling berhubungan.

Tujuan utama disusunnya berbagai cara interaksi manusia & komputer :untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer.

PRINSIP USABILITY

Usability merupakan masalah optimasi penggunaan sistem oleh pengguna. Sistem yang baik akan dipergunakan secara maksimal oleh pengguna sehingga semua kemampuan sistem tidak terbuang sia-sia.

Prinsip Usability Dix (Tahun 1993) terdiri dari :

Learn ability : penggunaan baru dapat menggunakan interaksi secara efektif dan memperoleh maksimal kinerja.

Flexibility : ragam cara user dan sistem dapat bertukar informasi.

Robustness : dukungan untuk user agar dapat mencapai tujuan dengan baik.

KEMAMPUAN MANUSIA YANG BAIK VS. MANUSIA YANG BURUK

Human Ability merupakan kemampuan manusia untuk melakukan sesuatu yang dimilikinya. Kemampuan adalah kapasitas seorang (individu) untuk melakkukan beragam tugas dalam suatu pekerjaan. Kemampuan adalah sebuah penilaian terkini atas apa yang dapat dilakukan seseorang. Potensi dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

1.Kemampuan dasar , seperti tingkat intelegensi, kemampuan abstraksi, logika, dan daya tangkap.

2.Etos kerja, seperti ketekunan, ketelitian, dan daya tahan terhadap tekanan.

3.Kepribadian, yaitu pola menyeluruh semua kemampuan, perbuatan, serta kebiasaan seseorang, baik jasmaniah, rohaniah, emosional, maupun sosial yang ditata dalam cara khas dibawah aneka pengaruh luar.

Kemampuan Manusia Yang Baik:

1.Kapasitas Long Term Memory (LTM) tidak terbatas

2.Durasi LTM tidak terbatas dan complex

3.Kemampuan memahami tinggi

4.Mekanisme konsentrasi powerfull

5.Pengenalan pola piker powerfull

Kemampuan Manusia Yang Buruk:

1.Kapasitas Short Term Memory (STM) terbatas

2.Durasi STM terbatas

3.Akses yang tidak dapat diandalkan pada STM

4.Prosesyang cenderung salah

5.Pruses yang lambat

PROSES USER CENTERED DESIGN (UCD)

Membuat sebuah produk kita harus memperhatikan dari kepuasan atau kenyamanan dari seorang pengguna produk tersebut. Karena sebuah kepuasan atau kenyamanan dari pengguna merupakan modal utama produk tersebut tetaplah lama di dalam pasaran. Termasuk juga produk komputer baik itu hardware atau software.

Untuk menjaga kepuasan dan kenyamanan pengguna sebuah perusahaan, harus menggunakan sistem yang dimana sistem itu dapat menjaga kualitas dari sebuah produk. Sistem tersebut biasanya dikenal dengan nama User Centered Design Process.

KAPASITAS MANUSIA, terdiri dari :

Penginderaan (Penglihatan, pendengaran, perabaan)

Sistem Motor

Memory (STM dan LTM)

Proses kognitif (Atensi pilih, pembelajaran, menyelesaikan masalah, bahasa)

1. Penginderaan

Manusia merasakan dunia nyata menggunakan piranti yang lazim dikenal dengan panca indera, sehingga dengan komponen panca indera inilah kita dapat membuat model manusia sebagai pengolah informasi secara garis besar.

Penglihatan

Konsep penglihatan pada manusia terdiri dari dua tahap yaitu :

- penerimaan stimulus dari luar secara fisik,

- pemrosesan serta interpretasi dari stimulus tersebut.

Indera penglihatan sudah pasti identik dengan yang namanya mata. Mata adalah mekanisme untuk menerima cahaya dan mentransformasikannya menjadi energi listrik. Mata terdiri dari beberapa komponen penting, diantaranya adalah kornea dan lensa yang terletak dibagian depan mata yang memfokuskan obyek kebagian belakang mata yang disebut retina.

Pendengaran

Sistem pendengaran memiliki kapasitas yang sangat besar untuk mengumpulkan informasi. Hal yang paling terkait dengan indera pendengaran adalah telinga. Telinga adalah suatu panca indera yang digunakan untuk mendengar, dimana sistem auditory melakukan filtering suara.

Perabaan

Perabaan atau yang sering kita sapa dengan peraba merupakan suatu panca indera yang berfungsi untuk merasakan sentuhan, dimana manusia menerima stimuli melalui kulit. Kulit memiliki tiga jenis sensor penerima (sensory receptor), yaitu:

- Thermoceptor (merespon panas / dingin)

- Nociceptor (merespon pada tekanan yang intens / rasa sakit)

- Mechanoceptor (merespon pada tekanan)

2.Sistem Motor

Sistem motor pada kapasitas manusia digunakan sebagai pengolah informasi yang diterima oleh alat indera, yang menangkap sinyal dan mentransmisikannya ke processing unit di otak dengan tempat penyimpanan. Hasil dari proses berupa output respon. Kapasitas yang dimiliki manusia untuk menerima input dan menghasilkan output terbatas.

3.Memory

Memory adalah suatu tempat atau wadah untuk menyimpan data atau informasi serta menyimpan pengetahuan faktual dan pengetahuan prosedural.

Short Term Memory (STM)

Memori Jangka pendek ini dapat menyimpan dalam waktu yang singkat / sementara pada saat sedang melakukan suatu pekerjaan. Memori jangka pendek ini dapat diakses dengan cepat , serta memiliki kapasitas yang tebatas.

Long Term Memory (LTM)

Memori jangka panjang memiliki kapasitas yang besar, dan waktu akses lebih lambat. Memori jangka panjang terdiri dari dua jenis, yaitu :

- Episodic memory

- Semantic memory

4.Proses kognitif

Proses kognitif merupakan proses yang terlibat dalam pembuatan desain, diantaranya :

Atensi Pilih

Pembelajaran

Menyelaesaikan Masalah

Bahasa

Analisa Tugas

Definisi : analisa tugas merupakan proses menganalisis dan menggambarkan bagaimana manusia melaksanakan tugas dengan dapat mempertanggung jawabkan atas pekerjaanya, dapat menjelaskan apa saja yang dilakukan serta peralatan-peralatan yang digunakan, serta hal-hal yang perlu diketahui dalam suatu analisis.
Analisa tugas juga dapat diartikan memeriksa tugas-tugas user untuk mengetahui dengan baik apa yang dibutuhkan user dari interface dan bagaimana mereka bertanggungjawab dalam penggunaanya.
Analsis tugas bukan hanya pada sistem komputer saja dan interasiknya, dengan mempelajari proses yang berhubungan dan objek pada lingkungan dimana manusia akan menggunakannya dan membutuhkanya itu dapat dikatakan kita sedang menganalisis tugas.
Fokus Analisis tugas terdiri dari :
1) fokus pada lingkungan yang tampak : terdiri dari kebiasaan, metode, langkah-langkah analisis tugas dan objek yang digunakan
2) mengamati user, apa yang mereka kerjakan, kemudian bagaimana mereka mempertanggungjawabkan dalam mengerjakannya.

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat diambil dari kedua soal diatas adalah bagaimana cara meningkatkan kemampuan komputer agar lebih mempermudah manusia atau user dalam berinteraksi / menggunakan atau yang paling penting adalah membuat bagaimana keinginginan user dapat terpenuhi sesudah memakai komputer tentunya dengan cara yang mudah.

Usability merupakan masalah optimasi penggunaan sistem oleh pengguna. Sistem yang baik akan dipergunakan secara maksimal oleh pengguna sehingga semua kemampuan sistem tidak terbuang sia-sia. Human Ability merupakan kemampuan manusia untuk melakukan sesuatu yang dimilikinya. Kemampuan adalah kapasitas seorang (individu) untuk melakkukan beragam tugas dalam suatu pekerjaan. Kemampuan adalah sebuah penilaian terkini atas apa yang dapat dilakukan seseorang. Potensi dapat diklasifikasikan sebagai berikut: kemampuan dasar, etos kerja dan kepribadian. Kemampuan manusia terbagi 2, yaitu kemampuan manusia yang baik dan manusia kemampuan yang buruk. Kapasitas manusia: pengindraan (pengelihatan, pendengaran, perabaan), system motor, memory (STM dan LTM)

Analisa tugas adalah proses menganalisis dan menggambarkan bagaimana manusia melaksanakan tugas dengan dapat mempertanggung jawabkan atas pekerjaanya, dapat menjelaskan apa saja yang dilakukan serta peralatan-peralatan yang digunakan, serta hal-hal yang perlu diketahui dalam suatu analisis.

Referensi:

www.adnansocial.blogspot.com

id.wikipedia.org

http://ichwana.blogdetik.com

About these ads

Tentang dunungresmintoko

yang jelas gue orangnya baik hati,,
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s