“30 Tahun Universitas Gunadarma Mengabdi”

Sedikit Sejarah tentang Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma dikukuhkan pada tanggal 3 April 1996 dan sekarang Gunadarma sudah berumur 30 tahun. Sebelum menjadi Universitas Gunadarma yaitu pada tanggal 7 Agustus 1981, sekelompok ahli computer di Indonesia mendirikan pusat pndidikan computer yang berbentuk akademi dengan nama Akademi Sains dan Komputer kemudian diikuti 94 orang mahasiswa saat kuliah pertama pada tanggal 10 Agustus 1981. Pada tanggal 10 Juli 1984, secara resmi wadah akademi ditingkatkan menjadi sekolah tinggi dengan nama Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma (STKG) yang memiliki 2 arti, yaitu nama arsitek ternama yang membangun Candi Borobudur dan mencerminkan bakti kepada masyarakat dalam wujud guna dan darma. Pada tanggal 9 Maret 1985, diadakan peletakkan batu pertama pembangunan gedung kampus baru Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma pada areal seluas satu hektar di kawasan Srengseng, Pondok Cina, Depok, dan pada tanggal 5 Januari 1987 kampus baru STMIK Gunadarma diresmikan penggunaannya. Pada tanggal 5 Oktober 1985, status terdaftar diperoleh STMIK Gunadarma melalui surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dimana STMIK Gunadarma mengasuh dua jenjang pendidikan, yaitu program pendidikan strata satu (S1) dan diploma (D3). Pada tanggal 16 – 23 Juni 1987, STMIK Gunadarma menjadi perguruan tinggi swasta pertama di Indonesia yang mengikuti ujian Negara dengan satuan kredit semester. Lulusnya seorang mahasiswa Gunadarma dalam ujian Negara berarti ia akan memperoleh Ijasah Sarjana Komputer Negara yang nilainya sama dengan ijazah sarjana di perguruan tinggi negeri. Dan pada tanggal 3 April 1996, STMIK dan STIE Gunadarma dikukuhkan menjadi Universitas Gunadarma berdasarkan SK Direktur Jendral Pendidikan Tinggi dengan menaungi enam fakultas, diantaranya Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Tekhnologi Industri, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan, Fakultas Psikiologi dan Fakultas Sastra.

VISI dan MISI Universitas Gunadarma

VISI

Pada tahun 2012 Universitas Gundarma menjadi Universitas berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkemuka di Indonesia yang kontribusinya di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat diakui (recognized), baik ditingkat regional maupun internasional

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi berbasis teknologi infornasi dan komunikasi yang berkualitas dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa
  2. Menciptakan suasana akademik yang mendukung terselenggaranya kegiatan penelitian yang bertaraf internasional dan bermanfaat bagi kesejahteraan umat manusia
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud pengejawantahan tanggung jawab social institusi (university social responsibility)
  4. Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai institusi, baik di dalam maupun di luar negeri
  5. Mengembangkan organisasi institusi dalam rangka merespon berbagai perubahan yang terjadi

Tujuan Universitas Gunadarma

Menjadikan program studi yang ada sebagai program pendidikan unggulan masa depan yang berbasiskan tekhnologi informasi dan mampu menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang relevan dengan tuntutan kebutuhan pembangunan bangsa dan Negara.

Arti dan Lambang Universitas Gunadarma

Tangkai Obor Berdiri Tegak           :

Melambangkan keteguhan hati untuk menyumbangkan dharma kepada Nusa dan Bangsa

Cawan Obor yangMelebar dan Cekung  :

Wadah dari ilmu pengetahuanyang luas dan mendalam

Kobaran Api yang Kuning keemasan        :

Menunjukan semangat juangyang tak pernah padam dalam menuntut ilmu dan menyumbangkannya kepada masyarakat

Bentuk Lingkaran yang berwarna Ungu   :

Suatu bentuk geometris yang member cirri pada ilmu pengetahuan yang ditekuni dan dikembangkan

Bingkai Segi Lima     :

Menyatakan bahwa Universitas Gunadarma berasaskan Pancasila

Universitas Gunadarma juga memiliki banyak lokasi Kampus diantaranya:

1. Kampus A : Kampus Kenari

2.Kampus B : Kampus Salemba Bluntas

3. Kampus C : Kampus Salemba

4. Kampus D : Kampus Depok

5. Kampus E : Kampus Kelapa Dua

6. Kampus G : Kampus Prapatan Kelapa Dua

7. Kampus H : Laboratorium Kelapa Dua

8. Kampus Simatupang

9. Kampus J1, J2, J3: Bekasi

10. Kampus K : Kemang Pratama

Peran Universitas Gunadarma dalam mencerdaskan kehidupan bangsa

Universitas Gunadarma termasuk salah satu universitas swasta yang terbaik di Indonesia. Saat ini Universitas Gunadarma sudah menginjak umur 30 tahun dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sejak tahun 1981 sampai 2011 ini. Universitas Gunadarma ini mempunyai sebuah visi, misi, serta tujuan yang bagus dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam dunia pendidikan Universitas Gunadarma menjadi salah satu perguruan tinggi yang bagus dan diminati banyak orang. Universitas yang dulunya hanya ada Ilmu Komputer semakin maju dan berkembang sangat pesat dengan penambahan fakultas – fakultas lainnya, seperti Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Tekhnologi Industri, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan, Fakultas Psikiologi, dan Fakultas Sastra. Dari berbagai macam Fakultas itulah anak di Indonesia dapat memilih dan berkembang dengan pesat.

Universitas Gunadarma masuk ke dalam peringkat 5 besar dari hasil peringkat perguruan tinggi Indonesia versi 4icu tahun 2011. Dan Akreditasi Universitas Gunadarma sebagai berikut untuk Fakultas Ilmu Komputer mendapat Akreditasi A, Fakultas Teknologi Industri mendapat Akreditasi A, Fakultas Ekonomi mendapat Akreditasi A, Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan mendapat Akreditasi A, Fakultas Psikologi mendapat Akreditasi A, Fakultas Sastra mendapat Akreditasi A. Intinya Universitas Gunadarma semua Fakultasnya mendapat Akreditasi A.

Berbagai macam-macam fasilitas yang dapat mendukung peran Universitas Gunadarma dalam mencerdaskan kehidupan bangsa yaitu yang meliputi ruang kuliah, perpustakaan, laboratorium, ruang seminar, auditorium, ruang senat, BPM, ruang rapat, ruang tunggu dosen, ruang konsultasi akademik, koperasi, ruang kerja pimpinan dan karyawan, musholah dan masjid, serta lapangan olahraga. Laboratorim di Gunadarma, juga meliputi laboratorium computer, laboratorium elektronika, laboratorium system digital, dll. Dengan fasilitas seperti ini dapat mencerdaskan kehidupan bangsa atau mahasiswa dengan biaya yang relatife terjangkau.

Dan dengan 30 tahun Universitas Gunadarma mengabdi, semoga menjadi lebih baik, meningkat terus dengan dukungan dari mahasiswa, dosen, serta semua yang mendukung Universitas Gunadarma. SELAMAT ULANG TAHUN yang ke 30 untuk GUNADARMA….

Tentang dunungresmintoko

yang jelas gue orangnya baik hati,,
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s