Menganalisa Koran

http://nasional.kompas.com/read/2011/12/11/02465651/Nunun.Tertangkap.Miranda.Bagaimana

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebuah pertanyaan tentang status Miranda Swaray Goeltom terselip di antara awak media saat menghadiri jumpa pers di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Jakarta, Sabtu (10/12/2011), yang dihadiri empat pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi, usai penangkapan Nunun Nurbaeti. Pertanyaan terkait rekan Nunun itu kapan dijadikan tersangka, ditanyakan kepada Ketua KPK, Busyro Muqqodas, Wakil Ketua KPK, M Jassin, Chandra M Hamzah, dan Bibit Samad Rianto.

Hanya senyum yang diberikan keempatnya kepada awak media. Chandra yang berkenan menjawab itu hanya menyatakan pihaknya fokus terlebih dahulu untuk mengurus penegakan hukum terkait Nunun.

“Kalau pertanyaan itu Pak Johan (Juru Bicara KPK, Johan Budi) saja yang jawab. Saya pikir untuk saat ini kita selesaikan terlebih dahulu yang ada ya,” ujar Chandra setengah bercanda.

Para pimpinan KPK ini enggan berkomentar lebih jauh terkait isu dugaan keterlibatan Miranda Swaray Goeltom dalam kasus yang menjerat Nunun bersama 26 anggota DPR RI periode 1999-2004.

Seperti yang diketahui, Nunun diduga menyebarkan cek pelawat 480 lembar senilai Rp 24 miliar untuk para anggota DPR RI saat itu, agar dapat memenangkan Miranda Swaray Goeltom sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia. Namun, Miranda berkali-kali membantah kabar keterkaitan dirinya dengan kasus suap itu.

Mantan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia itu bahkan mencurahkan keluh kesahnya di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Mei lalu. Saat itu, ia bersaksi untuk para politisi partai Golkar yang menjadi terdakwa dalam suap tersebut yaitu Paskah Suzetta, Ahmad Hafiz Zawawi, Marthin Briaseran, Bobby Suhardiman, dan Anthony Zeidra Abidin.

Miranda mengaku terganggu karena namanya dikait-kaitkan dalam kasus dugaan suap yang menjerat 26 para politisi itu. Di persidangan Miranda juga kembali membantah tidak pernah menjanjikan sesuatu, memberikan sesuatu, atau menyuruh seseorang untuk memberikan sesuatu kepada anggota Dewan terkait pemenangannya sebagai DGS BI.

Selain itu, profesor di bidang ilmu moneter tersebut mengaku dirugikan dengan status cekal yang diterbitkan pemerintah terhadapnya. Pasca-dicekal Miranda tidak dapat menghadiri pertemuan-pertemuan bergengsi yang digelar di luar negeri.

 

http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2011/12/12/nunun-ditangkap-mintanda-harus-diperiksa

JAKARTA (Pos Kota) – Ketua Komisi III DPR RI, Benny K Harman, menegaskan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) wajib segera memanggil Miranda Goeltom menyusul tertangkapnya Nunun Nurbaeti yang juga tersangka kasus korupsi cek pelawat pemilihan Deputi Senior Gubernur BI.

“KPK harus segera memeriksa Nunun untuk mengungkap semuanya. KPK juga wajib memanggil Miranda Goeltom untuk mengungkp apa betul dia punya kepentingan dengan memberikan cek pelawat tersebut,” tegas Benny di Gedung DPR/MPR RI Senayan, Jakarta, Senin (12/12).

Ditambahkan Benny, sejauh ini Nunun adalah tokoh kunci untuk mengungkap siapa dalang dibalik kasus cek pelawat. KPK harus mampu mengungkap masalah itu.

“Ujian berat pimpinan KPK gelombang ketiga ini. Tantangan berat KPK ini harus bisa membuktikan kinerja baik sesuai harapan masyarakat,” pungkas Benny.(prihandoko/b

Diatas ini adalah dua contoh Koran yaitu Koran Kompas dan Koran Pos Kota. Dua Koran diatas mempunyai tema Nasional dengan bahasan Tertangkapnya Nunun.

  •  Untuk Koran Kompas

Pada Koran Kompas diatas mempunyai kelebihan yaitu berita yang lebih lengkap dan tertata dengan baik, untuk penulisan tidak ada yang salah dalam penulisan EYDnya. Jadi menurut saya Koran Kompas ini sudah baik atau bagus dalam hal beritanya dan penulisannya dan tata bahasa yang baik.

  •  Untuk Koran Pos Kota

Pada Koran Pos kota diatas sudah cukup baik, hanya saja berita yang ditulis masih belum lengkap atau spesifik (bisa dibilang kurang banyak) dan masih ada kesalahan dalam penulisan contohnya penulisan Mintanda yang seharusnya Miranda dan kurang tanda kurung. Jadi menurut saya koran Pos Kota ini sudah cukup baik walaupun masih ada kekurangannya.

 

Tentang dunungresmintoko

yang jelas gue orangnya baik hati,,
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s