Fobia dan Cara Mengatasinya

Mendengar kata fobia pasti anda tahu karena fobia erat sekali dengan ketakutan. Fobia adalah ketakutan terhadap objek, namun ketakutan tersebut bersifat irrasional. Contohnya ketakutan pada balon, kegelapan, kapas, petir, badut, ataupun binatang.

Ketakutan pada objek itu sebenarnya tidak rasional, yang artinya objek yang ia takuti itu sebenarnya tidak menakutkan. Ia akan ketakutan saat bertemu atau melihat objek fobianya. Ketakutannya ini juga disertai oleh respon tubuh otonom, yaitu tubuh akan menyiapkan diri untuk melawan atau berlari. Respon yang memang muncul ketika orang ketakutan misalnya jantung berdegup kencang atau muncul keringat.

Selain itu pengalaman menyakitkan juga dapat menyebabkan orang fobia. Contohnya ketika pertama kali bermain dengan balon, lalu balon tersebut meledak didepan mukanya dan ia kaget. Maka, pengalaman tidak mengenakan itu dapat membuat fobia pada balon.

Salah satu mengatasi fobia dengan cara, misalnya seseorang takut dengan balon, cara mengatasinya yang pertama berilah penjelasan pada orang tersebut bahwa objek fobianya itu sebenarnya tidak menakutkan. Harus ada prakteknya misalnya keluarga anda harus menunjukan bahwa mereka tidak takut pada balon atau balon itu tidak menakutkan dan jangan terlalu memaksakan orang tersebut untuk langsung berinteraksi langsung dengan balon, biarkan melihat dari jauh. Untuk mengatasinya butuh waktu atau proses. Lalu jika orang tersebut sudah tidak terlalu histeris ketika melihat objek fobia, maka anda dapat mulai mengajak orang tersebut mempraktekan langsung. Ketika ia takut anda boleh mengajaknya tertawa agar ia rileks.

Tentang dunungresmintoko

yang jelas gue orangnya baik hati,,
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s