Komunikasi Data

Komunikasi data adalah suatu proses pengiriman dan penerimaan dari dua atau lebih device (alat, seperti computer, laptop, printer, dan alat komunikasi lain) yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik local maupun yang luas, seperti internet. Komunikasi data juga dapat diartikan transmisi data elektronik melalui beberapa media, media tersebut dapat berupa kabel koaksial, fiber optic, microwave, dan sebagainya. System yang memungkinkan terjadinya transmisi data sering kali disebut jaringan komunikasi data. Jaringan merupakan komponen penting dari informasi yang dilakukan oleh masyarakat.

Contoh Komunikasi Data:

Berikut penjelasan dari contoh komunikasi data tersebut:

  • Source (sumber). Peralatan ini membangkitkan data sehingga dapat ditransmisikan. Seperti server dan computer.
  • Transmiter (pengirim). Biasanya data yang telah dibangkitkan dari system sumber tidak ditransmisikan secara langsung dalam bentuk aslinya. Sebuah transmisi cukup memindah dan menandai informasi dengan cara seperti menghasilkan sinyal-sinyal elektromagnetik yang dapat ditransmisikan melewati beberapa system transmisi berurutan. Contohnya sebuah modem bertugas menyampaikan suatu digital bit stream dari suatu alat yang sebelumnya sudah dipersiapkan seperti PC/computer, dan mentransformasikan bit stream tersebut menjadi suatu sinyal analog yang dapat ditransmisikan melalui jaringan telepon.
  • Sistem Transmisi, berupa jalur transmisi tunggal atau jaringan kompleks yang menghubungkan antara sumber dengan tujuan. Contohnya seperti kabel LAN dan jaringan telepon public.
  • Receiver (penerima), receiver menerima suatu sinyal dari system transmisi dan menggabungkannya ke dalam bentuk tertentu yang dapat ditangkap oleh destination (tujuan). Contohnya sebuah modem akan menerima suatu sinyal analog yang datang dari jaringan atau jalur transmisi dan mengubahnya menjadi suatu digital stream.

Destination (tujuan), menangkap data yang dihasilkan oleh receiver, data tersebut kemudian akan diterima oleh penerimanya.

Tentang dunungresmintoko

yang jelas gue orangnya baik hati,,
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s