Keamanan Komputer [Tugas]

Pengenalan Komputer

Semakin mudah dan murahnya computer saat ini membuat penggunanya sering bertindak ceroboh. Tak sedikit pengguna komputer yang kurang mengetahui fungsi dan perbedaan masing-masing jenis komputer. Padahal pengenalan ini penting agar komputer Anda awet dan tidak mudah ngadat, sehingga keamanan komputer lebih terjamin. Komputer desktop, misalnya, relatif lebih tahan meskipun dinyalakan dan digunakan selama 24 jam terus menerus. Hal ini tentu berbeda dengan laptop, notebook ataupun netbook yang membutuhkan waktu istirahat agar tidak mengalami over heating atau panas berlebih yang dapat merusak komputer Anda.

Filing dan Back Up Data

Buatlah filing data yang tertata dan terstruktur dalam hard disk Anda. Pengarsipan yang baik akan memudahkan saat Anda membutuhkan dan ingin mengambil kembali data lama tersebut. Selain itu, lakukan backup atau buat copy dan salinannya dalam tempat penyimpanan terpisah, seperti dalam kepingan CD atau hard disk eksternal. Langkah-langkah ini akan menjaga keamanan data-data penting di dalam komputer, sekaligus memudahkan pencarian saat dibutuhkan.

Firewall

Firewall adalah sebuah sistem atau grup sistem yang menjalankan kontrol akses keamanan diantara jaringan internal yang aman dan jaringan yang untrusted seperti internet.Firewall didesain untuk mengijinkan trusted data atau data yang dipercaya lewat, menolak layanan yang mudah diserang, mencegah jaringan internal dari serangan  luar yang bisa menembus firewall setiap waktu.

Antivirus

Komputer Anda sebaiknya dipasang dan diinstall program antivirus. Baik untuk mencegah masuknya virus asing maupun virus lokal. Saat ini tersedia beragam program antivirus yang dapat Anda pilih, dan ada yang gratis. Namun, kalau mempunyai anggaran lebih dan menganggap data yang perlu dilindungi sangat penting, sebaiknya Anda membeli software antivirus premium yang lebih menjamin keamanan komputer.

Dalam menggunakan program antivirus, sebaiknya pilih satu software luar untuk menangkal virus dari luar, seperti MSE atau AVG. Sedangkan untuk antivirus lokal, Anda bisa memilih Smadav. Sekadar catatan, jangan gunakan dua program anti virus sejenis karena dapat menimbulkan konflik, sehingga fungsinya menjadi anti virus kurang efektif. Antivirus ini juga harus sering diupdate karena semakin banyaknya macam virus yang dapat merusak computer anda.

Password Komputer

Lakukan dan berikan password pada komputer Anda. Apabila Anda tidak menghendaki komputer digunakan orang lain, password bisa dilakukan pada sistem booting-nya. Namun, bila komputer Anda digunakan juga oleh teman kantor atau orang lain, password bisa dilakukan terhadap folder ataupun nama file dokumen Anda. Namun sebaiknya gunakan kode password yang mudah diingat agar tidak justru menimbulkan masalah di kemudian hari.

Spyware

Spyware adalah program kecil yang hinggap di komputer kita untuk merekam dan mengirimkan semua data-data dan kegiatan yang terjadi di komputer, tentunya hanya kegiatan yang diinginkan si pembuatlah yang direkam.

Mencegah Spyware:

  • Hati-hati pada Attachment Email Anda
  • Pasang / Install Software Keamanan Yang Terbaru
  • Jangan Gegabah Menginstall Software
  • Awasi User / Orang Lain Yang Memakai Komputer Anda

Perawatan Komputer

Rawatlah komputer Anda secara rutin, baik menyangkut kebersihan hardware maupun dengan mengupdate Windows yang digunakan. Bersihkan keyboard dari debu dan partikel yang sering menyusup disela-sela tuts. Begitu juga kondisi dalam casing komputer sebaiknya juga sering dibersihkan karena kerap digunakan sebagai ‘tempat menginap’ beberapa binatang pengganggu macam cicak, kecoa, atau bahkan tikus kecil. Komputer yang terawat tentu juga akan memberikan perlindungan terhadap data Anda dengan lebih baik.

Tentang dunungresmintoko

yang jelas gue orangnya baik hati,,
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s